Batas Waktu Dan Pembagian Daging Aqiqah – Aqiqah Sleman Terbaik 2019

Banyak sekali pertanyaan yang memang di ajukan oleh para muslim tentang sebenarnya gimana boleh atau tidakah dalam membagikan daging aqiqah ini buat diri sendiri atau keluarga. Ataukah hanya boleh untuk di bagikan kepada orang yang bukan keluarga atau pada fakir miskin saja. Hal ini banyak sekali yang bertanya.

Sebenarnya kita harus mengetahui terlebih dahulu kalau yang namanya daging aqiqah itu adalah daging yang memang kita peroleh dari hewan yang dijadikan sebagai hewan aqiqah anak kita pada saat itu. Hewan ini bisa berupa domba, kambing dan sebagainya. Boleh juga sebenarnya menggunakan sapi akan tetapi beberapa bagian saja. Karena seperti yang kita ketahui orang berqurban sapi saja bisa buat 7 orang.
Aqiqah sendiri seperti yang kita tahu adalah suatu hal yang digunakan sebagai penebus anak kita yang telah lahir. Maka dari itu karena akan digunakan sebagai suatu penebusan, maka harus sesuai dan juga sepadan dengan apa yang telah di berikan.

Lalu kalau ada pertanyaan apakah keluarga bileh memakan daging ini? Maka jawabannya sudah pasti adalah iya. Karena memang hal ini tidak dilarang. Karena memang hukumnya adalah sunnah muakad. Apabila kita melakukannya maka gak masalah dan kita gak akan mendapatkan disa dari apa yang kita lakukan ini.
Sebagian ulama memang tidak sama sekali melarang konsumsi daging aqiqah buat keluarga. Karena memang di perbolehkan. Akan tetapi tentu saja porsinya berbeda. Dan untuk yang paling banyak tentu saja buat fakir miskin. Setelah itu kita juga bisa membagikannya dengan keluarga, teman maupun orang terdekat lainnya yang sedang berada saat itu.

Pada daging kurban sendiri berbeda dengan aqiqah karena kalau kurban maka kita sama sekali gak boleh untuk memakannya. Dan harus di bagikan saja langsung kepada orang-orang. Tapi beda dengan aqiqah yang memang boleh dimakan sendiri. Dan satu lagi yang membedakan juga kalau kurban itu pembagiannya dengan daging mentah sedangkan kalau aqiqah sudah matang.

Memang hendaknya kita bisa untuk terlebih dahulu membagi daging aqiqah ini dalam beberapa bagian yang berbeda. Misalnya saja sebagian buat dimakan lalu sebagian buat di bagikan. Hal ini juga akan mempermudah kita untuk mengatur nantinya masakan yang akan dibagikan kepada sanak keluarga atau tetangga terdekat di daerah Anda.

Selain itu untuk pembagiannya seperti yang telah saya katakan yaitu dalam keadaan yang matang. Maka ari itu sebelumnya dapat Anda masak dulu menjadi beberapa jenis masakan sesuai keinginan Anda. Bisa saja dijadikan sebagai sate, gulai dan sebagainya. Akan tetapi yang memang sangat umum yaitu yang dijadikan sebagai gulai dengan menggunakan santan. Pembagiannya pun bisa langsung pada hari aqiqah itu sendiri. Lebih baik kalau pada saat masih hangat.

Itulah pembahasan dalam aqiqah sleman mengenai bagaimana batas waktu dan pembagian daging hewan aqiqah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *